Senin, 07 Agustus 2017

6 Penyebab Mata Minus

Penyebab Mata Minus - Kondisi ini menyebabkan anda kesulitan melihat benda jarak jauh. Sinar yang direfleksikan dari sebuah objek ke mata melalui korneo, kemudian difokuskan oleh lensa mata ke retina. Pada mata normal, lensa mata dan korneo membiaskan cahaya yang masuk sehingga bayangan objek difokuskan tepat di retina.

Sedangkan pada mata minus, cahaya yang masuk tidak fokus di retina, namun jauh di depannya, Hal ini dapat disebabkan karena kornea terlalu cembung atau panjang bola mata yang terlalu besar. Sehingga jika anda memiliki mata minus, pada saat melihat objek dari jarak jauh, objek akan terlihat tidak fokus.



Mata Minus yang merupakan salah satu gejala kesehatan yang bisa dikeluhkan oleh siapa saja, karena penyakit ini tidak memandang usia dan anak anak pun bisa mengalaminya dengan sangat mudah. Penyakit Mata Minus memang tidak lebih berbahaya dari pada penyakit mata katarak bahkan penyakit kanker.

Penyakit mata minus bisa membuat beberapa orang yang merasa tidak nyaman karena harus memakai kacamata sebagai alat bantu penglihatan mata minus dan dangat populer di seluruh negara. Adapun beberapa yang bisa menyebabkan mata minus yang harus anda ketahui dan kenali dengan baik, dianataranya :
  • Faktor Genetika
Faktor ini merupakan salah satu penyebab utama dari mata minus yang mungkin kini anda derita adalah faktor genetika/ keturunan. Meskipun faktor genetika bukanlah faktor tunggal namun karena potensi untuk mengalami mata minus karena genetika cukup besar, dan pastikan untuk melakukan medical check up secara teratur, termasuk check kesehatan mata anda.
  • Selalu Sering Bekerja Dengan Komputer
aktivitas ini juga bisa menyebabkan mata minus karena disebabkan oleh gaya hidup karerna rutinitas pekerjaan yang tidak pernah lepas dari pemakaian perangkat komputer, padahal layar monitor membuat mata mudah lelah dan stress. Dan biasakanlah untuk istirahat sejenak ketika anda merasa mata sudah terlalu perih ketika bekerja dengan komputer sehingga mata tidak menjadi mudah lelah bahkan menjadi minus.
  • Kurang Istirahat
Semua manusia harus membutuhkan waktu setidaknya 8 jam untuk istirahat, sejak pukul 9 hingga terbangun jam 5 pagi, dan tampaknya tidak banyak orang yang melakukan hal ini, padahal istirahat yang cukup itu sangat baik untuk kesehatan dan salah satunya akibat yang bisa anda alami jika anda tidak beristirahat cukup akan mengakibatkan mengalami mata minus.
  • Kebiasaan Membaca Buku Dengan Cara Yang Salah
Salah satu yang jadi penyebab mata minus adlah kebiasaan buruk yang suka sekali membaca buku dengan cara yang salah, dan itu terjadi ketika anda membaca buku sambil tiduran juga bisa membuat mata menjadi minus. Dan jika anda ingin menghindari dari penyakit minus pastikan anda tidak membaca buku dengan cara yang salah. 
  • Stress Mata
Ada banyak kegiatan yang bisa menyebabka mata mengalami mata minus dan membuat mata menjadi stress, dan hal inilah yang kemudian menyebabkan mata minus, dan usahakanlah untuk menghindari berbagai stresmata dan beberapa kegiatan yang dapat membuat mata menjadi strss yang telah disebutkan sebelumnya.
  • Ekspresi Muka 
Ada banyak ekspresi yang bisa ditunjukkan oleh seseorang di mulai dari mengerutklan dahi dan mengangkat alisnya hinga menyipitkan mata, dan tahukah anda melakukan semua hal tersebut akan bisa memfosir kerja mata sehingga mengakibatkan mata mudah lelah dan stres yang kemudian membuat mata menjadi minus.

Ada banyak kegiatan dan hal yang bisa mengakibatkan mata minus yang sebenarnya masih bisa kita hindari jika kita memang peduli dengan ksehatan mata kita dan tidak ingin mengenakan kacamata maupun lensa kontak karena mata yang minus karena faktor genetika hanya bisa dihindari dengan rutin dan melakukan pemeriksaan mata sehingga anda mengetahui kondisi terkini kesehatan mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar