Senin, 07 Agustus 2017

7 makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Katarak

7 makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Katarak - Bagi anda yang sedang mengalami gangguan pada mata anda terutama penyakit katarak, salah satu hal yang harus diperhatikan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit mata katarak adalah dengan cara mengatur pola asupan makanan dan makanan makanan yang sehat akan kaya antioksidan dan vitamin tertentu telah ditunjukkan dalam beberapa penelitian dikaitkan dengan penurunan risiko katarak atau perkembangan penyakit katarak.





Ada beberapa penelitian menunjukkan bahwa sifat antioksidan vitamin C dan E dapat melindungi terhadap perkembangan katarak. Bukti awal juga menunjukkan bahwa karetonoid lutein dan zeaxanthin yang juga antioksidan juga membantu melindungi terhadap mata katarak.

Beberapa makanan- makanan yang sehat bagi penderita penyakit mata katarak, dianataranya sebagai berikut :

  • Salmon
Salmom memiliki kaya astaxanthin yang merupakan bahwa astaxanthin dapat melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan membantu menghambay pembentukan katarak. Salmon juga memiliki jumlah DHA, utama asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan salmon. Dan dalam satu studi menemukan bahwa wanita yang makan ikan tiga kali seminggu dapat mengurangi resiko katarak sebesar 11 persen bila dibandingkan dengan wanita yang hanya makan ikan sekali dalam sebulan.
  • Bayam
Sayuran hijau yang satu ini adalah sangat baik untuk mata karena bayam memiliki kaya akan lutein, suatu senyawa karotenoid yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran berwarna warni dan yang melindungi sel dari kerusakan. Bayam membantu melindungi macula anda dari kerusakan sel yang dapat menyebabkan baik degenerasi makula terkait usia dan katarak. 

Dari hasil percobaan laboratorium pada sel-sel lensa manusia menunjukkan bahwa lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang ditemukan dalam tanaman seperti kankung, bayam dan collard hijau dapat membantu melindungi sel sel dari paparan sinar ultraviolet dan penyebab pembentukan katarak.
  • Kedelai
Kedelai adalah termasuk makanan yang baik bagi penyakit mata terutama susu kedelai, kecap kedelai, miso dan tempe dan kaya isoflavon senyawa dengan sifat antioksidan yang kuat yang dapat melindungi terhadap pembentukan katarak pada hewan. Isoflavon juga dapat membantu memulihkan produksi air mata yang telah dikurangi dengan sindrom mata kering. 
  • Alpukat
Alpukat adalah salah satu buah yang kaya akan nutrisi yang dipercaya sangat berperan sangat besar bagi mata, Alpukat memiliki kandungan lutein dan membantu mencegah degenerasi makula dan katarak. Alpukat juga merupakan sumber nutrisi mata penting lainnya seperti beta keroten, vitamin C, vitamin B6 dan vitamin E.
  • Makanan yang mengandung betakaroten
Betakaroten dikenal untuk melindungi terhadap kanker dan penuaan serta mencegah pemvbentukan katarak. Karena makanan Betakaroten  merupakan vitamin yang larutdalam lemak, yang terbaik adlah untuk memasangkan sumber makanan anda dari beta keroten dengan lemak seperti kacang atau minyak untuk membantu dalam penyerapan. Yang termasuk makanan yang mengandung Betakaroten diantaranya : Ubi jalar, kangkung, wortel, lobak dan sawi dan bayam.
  • Makanan yang mengandung vitamin C
Antioksidan melindungi sel dari radikal bebas, molekul tidak stabil yang merusak sel sel sehat. Ada beberapa bukti intake lebih tinggi dari antioksidan vitamin C mengurangi risiko katarak, memperlambat perkembangan mereka dan mengurangi kebutuhan untuk operasi katarak.

Mengonsumsi setidaknya 250 mg vitamin C setiap hari mungkin bermanfaat untuk kesehatan mata. Lima porsi buah dan sayuran yang dipilih dapat memberikan 100 mg atau lebih vitamin C. Sumber yang baik dari vitamin C antara lain jeruk, pepaya, melon, paprika hijau, tomat, stowberry dan brokoli.
  • Makanan yang mengandung vitamin E
Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko katarak. Sumber vitamin E termasuk gandum minyak kuman, almond, biji bunga matahari, minyak safflower, hazelnut dan kacang.

Vitamin E juga ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti bayam dan brokoli. Kecukupan gizi yang idanjurkan secara alamiah y ang bersumber vitamin E adalah 15 mg, dua porsi kacang kacangan dan biji bijian setiap hari dapat memberikan 8-14 mg vitamin E.

Itulah beberapa jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit mata katarak. Bagi anda yang sedang mengalami penyakit katarak dan ingin segera sembuh dari penyakit mata ini, anda harus menjaga asupan makanan yang lebih sehat lagi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar